Friday, January 26, 2007

Project Lain Personel2 Dewa 19


Siapa orang di Indo yang tidak tahu sedihnya lagu "Pupus", puitisnya lagu "Arjuna Mencari Cinta", Kreatif dan mixnya lagu "Sedang Ingin Bercinta", dan romantisnya lagu "Kangen"?

Yup, betul... Semuanya merupakan single andalan salah satu grup band Indo favoritku, Dewa 19 (or formely known as "Dewa"only). Grup band yang di'otak'i oleh Dhani Manaf ini berdiri pada tahun 1986, dengan ide nama DEWA yang merupakan inisial dari masing2 personel band: D for Dhani (vocal, Composer, Keyboard, Guitar), E for Erwin (Bass Guitar), W for Wawan (Percussion and Drum) dan A for Andra (Lead Guitar). Karena mereka sama2 berumur rata2 19 tahun sewaktu nama mereka start mencuat, maka mereka menambahkan angka 19 dibelakang nama band mereka.

Cabut pasang formasi sampai sebanyak 7 kali, dan merubah nama band dengan menambah-hilangkan angka 19, masih saja membuat mereka kreatif dan eksis di dunia permusikan. Tambahan nama2 musisi sebagai personel tetap Dewa seperti: Ari Lasso (Lead Vocal), Wong Aksan (Drum), Bimo Sulaksono (Drum), dan untuk formasi terakhir, Elfonda Once (Lead Vocal), Tyo Nugros (Drum) dan Yuke (Bass) membuat mereka mempunyai corak musik yang berbeda pada tiap albumnya.

Sepanjang sejarah karier Dewa, para personelnya pun pernah merilis album bukan dibawah label Dewa melainkan berkolaborasi dengan musisi2 lain. Sebut saja 'Ahmad Band' (Dhani), duet Dhani dengan Agnes Monica, pencuatan nama grup Band 'Ratu' oleh Dhani juga dan baru2 ini Sang gitaris, Andra juga berkolaborasi dengan musisi lain membuat grup band berlabel 'Andra and The Backbone'

Berita terbaru mengenai karir mereka adalah kolaborasi antara Ahmad Dhani dengan grup band asal negeri kanguru, 'The Rock'. Ini juga memungkinkan karir mereka akan melejit ke taraf musik internasional....

No comments: