Wednesday, March 14, 2007

About Body Image


Semua kaum hawa pasti ingin memiliki body aduhai seperti Jessica Alba dan model2 yang melenggak lenggok di atas catwalk. Sama dengan halnya para pria yang ingin memiliki body seperti Brad Pitt atau pria2 Spartan di film 300. Hal ini yang mungkin mengangkat pertanyaan2 seperti kasus2 dibawah ini.

1) Kenapa banyak orang tidak puas dengan bentuk bodinya?
*Fakor pertama adalah anggapan2 umum yang berlaku di masyarakat, bahwasanya orang gendut itu menggambarkan kemalasan, tidak bertenaga, jelek dsb. Tapi apakah orang yang kurus dan berotot pasti tidak malas?
*Faktor kedua adalah pengaruh dari Media Massa, iklan2, dan barang dagangan komersil yang menyebarkan anggapan suatu bodi yang ideal haruslah seperti bintang iklan L-Men. bahkan dari kecil pun anak2 sudah dicekoki suatu anggapan bahwa bodi yang ideal adalah seperti boneka Barbie atau Pahlawan Pembela Kebenaran Superman.
*Disamping itu faktor permintaan pacar, keluarga dan juga karena para Profesional Kesehatan yang mengategorikan seseorang dalam kelompok Underweight, Ideal atau Overweight. Itu membuat pikiran orang terpatri bahwa penelitian itu mutlak adanya..

2) Apakah semua orang mungkin mendapatkan "Bodi yang Ideal"?
Mungin.... Kenapa tidak? Cuman jika kita melihat gaya hidup selebriti sekarang yang kelakuannya menjurus ke "Disorders Behaviours" Seperti anorexia, diet berlebihan, latihan fitness yang berlebihan, pemakaian minuman keras dan rokok untuk menurunkan berat badan.. Tentu saja bukan itu jalan untuk mendapatkan "Bodi yang ideal".
Perlu diketahui bahwa berat badan dan komposisi tubuh itu ditentukan oleh banyak faktor. Ada faktor yang bisa diatur (seperti: pemasukan kalori ke dalam tubuh dan intensitas latihan untuk mengurangi timbunan lemak) dan ada pula faktor yang tak bisa diatur (seperti: faktor genetik, bentuk tulang, tempat2 berlebih untuk menyimpan lemak, dan body type).
Jadi semua hal yang dilakukan untuk mencapai "Bodi yang ideal" hanya dapat kita fokuskan kepada faktor-faktor yang bisa diatur ini. Jadi jangan kecewa jika anda tidak bisa menggapai tujuan anda. Tetapi paling tidak anda sudah berusaha semaksimal mungkin dan anda tetap mendapat kesehatan dalam diri anda.

3) Apakah "Bodi yang ideal" benar2 merupakan kunci mutlak kebahagiaan, menuju sehat, dan daya tarik bagi seseorang?
Meskipun "Bodi yang ideal" bisa mempengaruhi ketiga aspek itu. Tapi tentu saja tidak mutlak... masih banyak faktor yang membuat orang bahagia. Sama halnya dengan menuju sehat. Seperti misalnya pesumo yang memang aktivitasnya seperti itu, tetap saja mereka sehat dan berolahraga, meskipun bentuk badannya sangat overweight. Daya tarik seseorang pun bisa diukur dari banyak hal juga tergantung dari masing2 personal. Ada cowok yang lebih suka cewek yang agak "semok" dan "montok" dibandingkan cewek yang benar2 ideal seperti di TV.

4) Tips untuk memaksimalkan pencapaian "Bodi yang ideal":
a) Tidak usah hiraukan berat badan... Perlu diketahui bahwa berat badan ditentukan oleh 3 major komponen: berat tulang, kadar lemak dan kadar otot. Dan otot lebih berat dibandingkan lemak. Berat badan bukan ukuran yang paling baik untuk menentukan kesehatan dan seberapa fit seseorang; kebiasaan makan, jadwal gerak tubuh dan kebiasaan hidup lebih banyak berpengaruh.
b) Sadari bahwa anda tidak bisa merubah Body Type yang merupakan hasil genetik.
c) Stop membandingkan berat badan anda dengan orang lain.. karena anda tidak memiliki komponen tubuh yang sama persis dengan yang lain. Buat versi "Bodi yang ideal" untuk diri anda sendiri. Dimana anda merasa senang dengan kondisi tubuh itu tanpa harus menghiraukan standar BMI (Body Mass Index)
d) Dibandingkan menghabiskan uang untuk membeli supplemen kesehatan, obat penurun berat badan; lebih baik uang anda gunakan untuk kenikmatan diri sendiri. Makan makanan sehat, beli alat fitness kecil di rumah, datang ke salon, tukang pijat misalnya...
e) Tetap berpikir positif terhadap diri sendiri.
f) Tetap bersyukur untuk apa yang anda dapat di diri anda. Tidak semua orang bisa terlahiir tanpa cacat.
g) Last but not least... Tetap berolahraga dan makan makanan yang sehat.. Karena sebagaimana pun anda melakukan keenam tips diatas, tetapi yang terakhir ini dilupakan pencapain "Bodi yang ideal" versi anda tidak akan tercapai.....



Sumber:
http://www.snac.ucla.edu/pages/Body_Image/Body_Image.htm

2 comments:

Anonymous said...

hehe pengen ngegym lg

*stlh 6bulan dikenalin ama yg namanya gym di kantor

Reza de Bhro said...

Iye deh yang body-nya buso....

Sayang sering nyangkul, ngarit rumput and manggul beras tidak begitu ber-efek dengan body ane, huhuhu.....