Saturday, March 17, 2007

Give Blood, Save Life

Hahaha, ini kali keempat aku mendonor (darah) di NTU. Dan mudah2an donor yang terakhir sebagai student di NTU (amien)... Secara pribadi dan sebagai anggota Red Cross Singapore sudah sepantasnya saya menganjurkan ikut Blood Donation ini.. "It won't hurt, but it saves human live"

Pre-Donor
Sebelum donor, pastikan anda sebagai si pendonor dalam kondisi yang optimum, makan dan minum yang standar; kalo perlu lebih banyak minum air dan cairan. Sangat dianjurkan untuk makan makanan yang banyak mengandung zat besi karena akan meningkatkan kadar Hemoglobin dalam darah (terutama buat kaum hawa yang sedang menstruasi).

Ketika Donor
Sebelum mendonor ada beberapa step yang harus dilalui... Mengisi formulir, mengisi pertanyaan yang berhubungan dengan kesehatan, tes blood pressure, tes kelayakan darah. kalo di NTU biasanya ditambah antrian yang super panjang (apalagi ketika jam 12 an). Kadang2 bingung juga mau mendonor kok sampe ngantri2. Tapi kita harus ingat kembali niat kemanusiaan kita untuk mendonor.

Sampai di kursi donor, biasanya anda akan diberi beberapa petunjuk pendonoran, zat besi, serta schedule anda bisa mendonor darah maksimal untuk kedepan. Baca dan resapi hal itu, sekaligus menghilangkan bayangkan anda dari jarum suntik (bagi yang takut jarum).

Ketika saatnya telah tiba, anda akan diberikan bola elastis untuk diremas remas agar aliran darah menjadi lebih cepat. Anda juga akan diolesi alkohol dan disuntiki zat penghilang rasa sakit. Dun worry! tidak sakit sama sekali; hanya seperti digigit nyamuk.. Kemudian anda akan dipasangkan tube yang disambung dengan kantong penampung darah. Tunggu beberapa saat dan anda akan selesai. Cepat-lambatnya tergantung kondisi badan masing2 pendonor.

Pasca Donor
Setelah darah anda terdonorkan dan semua tube dicabut, tetaplah di kursi donor untuk mengembalikan stabilitas dan kondisi anda selama kurang lebih 10 menit (kadang2 anda merasa sedikit dizzy dan itu adalah wajar, karena hampir ratusan mililiter darah anda keluar.

Go for refreshment adalah tahap terakhir dari proses pendonoran darah. Dianjurkan 10-15 menit beristirahat dan makan refreshment sebelum meninggalkan tempat donor. Tips: Minumlah snack makanan dan minuman energi sebanyak2nya (mumpung gratis).. Untuk donor di NTU, minum paling tidak 4 kotak kecil Milo adalah suatu kewajiban; bisa menghemat $1.6 (40 sen x 4) kalo misalnya beli di kantin A =P (pamrih banget yah! =P)

Kondisi darah akan pulih sepenuhnya dalam jangka waktu 6-8 minggu untuk kondisi Hemoglobin dan 112 hari buat bisa mendonor lagi...

Keuntungan Donor Darah
1) Dengan mendonor kita bisa tahu kondisi kesehatan darah kita (golongan darah, kemungkinan terjangkit HIV, tekanan darah, dll). Ini sama saja dengan membayar ratusan ribu rupiah di Indo untuk cek darah di Lab2 kesehatan seperti Prodia, dll.
2) Mendonor dapat mengurangi resiko sakit jantung untuk pria.. Dan juga dapat menstimulasi pembentukan kontinyu sel darah merah.
3) Mendonor juga dapat mengurangi timbunan racun yang ikut beredar dalam sistem peredaran darah
4) Buat penderita kelebihan zat besi, mendonor dapat mengatasi akumulasi zat besi dalam darah (meskipun di Amerika penderita kelebihan zat besi tidak diijinkan mendonor)

No comments: