Sunday, March 18, 2007

Nyepi 2007


Nyepi atau Tahun Baru dalam kalender Saka di tahun 2007 jatuh di hari Senin, 19 Maret 2007... Sudah 7 tahun saya tidak merayakan Nyepi dengan keluarga di Karangasem, melakukan melis, Bhuta Yadnya Ritual, Nonton Ogoh2 dan mebratha.. Sekilas tentang Nyepi:

Pra-Nyepi
Hari2 sebelum Nyepi ditandai dengan pembuatan Ogoh Ogoh - sebuah boneka besar simbol kejahatan terbuat dari bambu dan kertas yang akan diusung satu Banjar (paguyuban orang2 dalam satu desa) pada H-1 sebelum Nyepi dan kemudia dibakar atau dibuang ke sungai sebagai tanda musnahnya kejahatan. Dengan kreatifitas dan darah seni warga Bali, Ogoh2 biasanya dibuat bervariasi, menarik dan berseni, bahkan kadang2 diperlombakan.. Tidak banyak turis2 terpancing untuk melihatnya.

Melasti ke Laut dilakukan 3-4 hari sebelum Hari raya Nyepi dengan maksud sembahyang kepada Hyang Widhi dalam menyambut Nyepi. H-1 setiap warga melakukan kegiatan Bhuta Yadnya di rumah masing2, mengusir Bhuta2 yang mengganggu.. Dan di malam harinya (terkenal dengan nama Ngerupuk) diadakan pawai ogoh2 yang melibatkan rata2 anak kecil dan muda mudi berjalan dengan rute tertentu

Hari Nyepi
Di hari Nyepi, umat Hindu di Bali melakukan hening dan menyepi... Semua aktivitas di pulau Bali ditiadakan kecuali di Airport... Tidak ada satupun orang yang diijinkan keluar pekarangan rumah pada hari ini.

Umat Hindu biasanya melaksanakan Catur Bratha Penyepian yang terdiri dari: Amati Geni (Tidak menyalakan Api / Lampu), Amati Karya (Tidak bekerja seperti hari biasa), Amati Lelunganan (Tidak bepergian), Amati Lelanguan (Berpuasa). Maksud dari melaksanakan Catur Bratha Penyepian ini adalah untuk menambah kekhusukan dalam menjalankan Nyepi... Ritual ini dilakukan dari jam 6 pagi hari ini sampai jam 6 pagi keesokan harinya.

Pasca-Nyepi
Hari H+1 Nyepi dikenal dengan nama Ngembak Geni (menyalakan api lagi) diisi dengan acara maaf2an berkunjung ke tempat saudara, tetangga, dsb..

Desa, Kala, Patra
Menurut orang Hindu-Bali, pelaksanaan semua ajaran agama dan adat disesuaikan dengan Desa (tempat), Kala (waktu), Patra (situasi) daerah setempat. Karena di luar Bali tidak mungkin mendapatkan suasana hening tidak keluar rumah, maka untuk 4 tahun terakhir di Singapore ini kita beribadah dengan menyesuaikan Catur Bratha Penyepian sbb:
- Amati Geni - Kalo bisa jangan nyalain Lampu besar di kamar, Desk Lamp sudah cukup
- Amati Karya - Diusahakan tidak bekerja, kecuali kalo misalnya supervisor menyuruh datang ke Lab untuk demo FYP (kita kembali ke konsep Desa, Kala , Patra =P)
- Amati Lelunganan - Konsep tidak bepergian disesuaikan dengan kemajuan jaman dan Desa, Kala, Patra lagi = tidak memakai LAN connection selama 24 jam =P
- Amati Lelangaun - Berpuasa adalah bratha yang paling mudah dilakukan dimana2... Jadi usahakan untuk berpuasa pada hari Nyepi ini..

No comments: